Jenis-jenis Kapal Laut Berdasarkan Fungsinya

Sob, tahu, nggak? Itu loh, yang suka ngambang-ngambang di atas air. Warnanya bisa kuning, bisa coklat, bisa hitam, atau juga bisa sebagainya. Kalau lewat celah kecil sering nyangkut. Apa namanya? SALAH! Jawabannya adalah kapal. Sobat, jangan berpikiran yang macam-macam dulu sebelum menebak. Buktinya kapal juga selalu mengambang di atas air, warnanya juga bervariasi, dan nggak bisa lewat perairan sempit. Sobat pasti sudah tahu apa itu kapal. Itu loh, yang suka ngambang-ngambang… AH, SUDAH LAH! Tanpa basa-basi lagi, mari kita langsung mulai penjelasan lebih jauh tentang jenis-jenis transportasi perkapalan berdasarkan fungsinya karena saya yakin sobat hanya tahu kalau kapal itu cuman sesuatu yang suka ngambang-ngambang di atas air seperti “sensor“.  Ingat sob, artikel ini menjelaskan jenis-jenis “kapal” berdasarkan “fungsinya”. Jadi yang berhubungan dengan jenis perahu seperti sampan, kano, ataupun skoci dan bentuk kapal seperti kapal layar ataupun hovercraft tidak akan dijelaskan di sini.

Kapal (ship) adalah kendaraan besar pengangkut penumpang dan barang di laut, sungai, dan sebagainya. Meskipun sama-sama kendaraan air, kapal berbeda dengan perahu (boat).  Perahu selalu berukuran lebih kecil dari kapal. Kapal bisa mengangkut perahu , tetapi, perahu tidak bisa mengangkut kapal. Jadi, sobat sudah bisa membedakan antara kapal dan perahu. Terkadang pula, perahu disebut kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat. Kapal juga merupakan alat transportasi paling efektif dan efisien karena kapasitasnya dan daya angkut yang lebih banyak dibandingkan moda transportasi darat, udara, maupun rel manapun.

Jenis-jenis Kapal Berdasarkan Fungsinya

1. Kapal Penumpang (Passanger Ship)

Kapal penumpang merupakan kapal besar yang difungsikan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak. Perlu diketahui kalau kapal penumpang populitasnya lebih sedikit dibandingkan kapal barang, sob. Makanya kapal ini kurang dijumpai ketimbang kapal barang.

-Kapal Pesiar (Cruise Ship)

Kapal pesiar adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Jadi, kapal pesiar selalu memulai dan mengakhiri perjalannya di tempat yang sama. Lama pelayaran kapal pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

Kapal pesiar terbesar sekaligus kapal penumpang terbesar, Oasis of the Seas, adalah kapal pesiar yang memiliki bobot sekitar 225.000 ton lebih dan juga memiliki bangunan atau kabin hingga 20 tingkat diibaratkan sudah mirip dengan apartement mampu menampung ribuan penumpang. Apalagi soal fasilitasnya yang sangat lengkap dan komplit. Kapal pesiar Oasis yang memiliki julukan kota terapung ini di perkirakan memiliki panjang 360 m atau sekitar 5 kali lebih besar dari kapal Titanic. Yang lebih kerennya lagi, semua fasilitas yang ada mampu mensuplai para penumpangnya saat berlayar hingga 30 hari atau sebulan perjalanan di atas laut yang luas.

oasis of the seas (cruise ship)

-Kapal Samudra (Ocean Liner)

Kapal samudra adalah kapal penumpang besar yang identik dengan kapal pesiar. Kapal ini juga memiliki fasilitas penginapan dan perlengkapan yang mirip dengan kapal pesiar. Apa yang membedakan kapal pesiar dan kapal samudra? Yang membedakan hanya 1, yaitu rute perjalannya. Kapal pesiar berangkat dari suatu tempat kemudian kembali ke tempat yang sama pula, tetapi, kapal samudra berangkat dari suatu tempat ke tempat lainnya. Banyak orang yang menyangka kalau kapal samudra itu sama dengan kapal pesiar karena sama-sama berukuran besar, namun kenyataannya berbeda. Kapal Titanic termasuk dalam kategori jenis kapal ini.

Queen Mary 2 adalah kapal samudra terbesar dan sebuah kapal penumpang Cunard Line yang namanya berasal dari kapal Cunard awal, RMS Queen Mary. Pada saat dibangun pada tahun 2003, Queen Mary 2 merupakan kapal penumpang terbesar yang pernah dibuat dalam setiap dimensinya. Namun, pada November 2009, kapal ini menjadi yang kedua terbesar setelah dikalahkan oleh kapal pesiar Oasis of the Seas. Ukurannya 345 m, hanya 15 m lebih pendek daripada kapal pesiar terbesar Oasis of the Seas. Kemewahan Queen Mary 2 meliputi 15 restoran dan bar, lima kolam renang, sebuah kasino, sebuah ballroom, dan sebuah planetarium.

queen mary 2 (ocean liner)

-Kapal Feri (Ferry)

Kapal Feri adalah kapal yang digunakan untuk penyebrangan laut yang mengangkut penumpang beserta kendaraannya. Kendaraan yang diangkut pun bisa berupa mobil pribadi, bus, truk, ataupun semi-trailer. Hal yang membuat penggunaan kapal ini adalah tidak adanya jembatan penyebrangan laut.

ferry

2. Kapal Barang (Freight Ship)

Kapal Barang merupakan kapal besar yang difungsikan untuk distribusi pengangkutan barang dalam jumlah masssal. Nah, sob. Kapal-kapal raksasa pengangkut barang pasti sering dijumpai kalau sobat pergi ke pelabuhan misalnya Tanjung Priok. Kapal barang merupakan kapal yang paling dijumpai karena tidak hanya jumlahnya yang banyak, tetapi juga jenisnya.

-Kapal Peti Kemas (Container Ship)

Kapal peti kemas adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang standar (biasanya berukuran 20 ft atau 40 ft). Kapal ini memiliki rongga (cells) untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal di terminal peti kemas dengan menggunakan crane/derek khusus yang dapat dilakukan dengan cepat, baik derek-derek yang berada di dermaga, maupun derek yang berada di kapal itu sendiri. Kapal ini pasti sudah tidak asing lagi bagi sobat karena populasi kapal ini sangat banyak.

Galangan kapal Daewoo dari Korea Selatan telah membangun kapal peti kemas terbesar di dunia atas pesanan Maersk Line.  Kapal seharga US$ 190 juta ini dengan panjang 399 meter dibangun  sanggup untuk memuat 18,000 TEU (satuan peti kemas 20 ft). Kapal ini dinamakan Maersk Triple E Class. Kapal tipe kelas ini mempunyai daya muat 2500 TEU lebih banyak dari pada kemampuan kapal peti kemas yang terbesar sekarang ini, yaitu Emma Maersk yang sudah beroperasi mengarungi samudra dari China ke Eropa.

maersk triple e (container ship)

-Kapal Tanker Minyak (Oil Tanker)

Kapal Tanker Minyak adalah sejenis kapal tanker yang berfungsi untuk mengangkut minyak. Ada 2 jenis kapal tanker pengangkut minyak, yaitu kapal tanker pengangkut minyak matang/halus dan kapal tanker pengangkut minyak mentah. Biasanya kapal pengangkut minyak mentah berukuran lebih kecil. Kapal ini harus dibuat kokoh dan jangan sampai minyak yang diangkutnya bocor karena dapat menyebabkan malapetaka dalam kehidupan laut di sekitarnya.

Kapal tanker terbesar yang kini bernama Knock Nevis ini memang lain dibandingkan dengan yang lain. Kapal ini merupakan kapal laut terbesar di dunia yang pernah dibuat orang. Dan mungkin juga menjadi kapal yang paling sering berganti nama. Itu karena Knock Nevis memang sering berganti pemilik. Meskipun memegang gelar sebagai kapal terbesar di dunia, tapi kini Knock Nevis tidak difungsikan sebagai kapal lagi. Sekarang tugasnya adalah sebagai floating storage dan Offloading Unit di Dubai.
Untuk menggambarkan ukuran raksasa super tanker ini, kita dapat lihat pada dimensinya. Kapal yang dibangun di galangan kapal Sumitomo Heavy Industries, Jepang ini memiliki panjang 1.504 feet atau setara dengan 458,5 meter. Bobotnya 564.763 DWT. Bandingkan dengan ukuran kapal induk yang paling besar sekalipun. Karena ukurannya tersebut, super tanker ini tidak bisa melintasi terusan Panama dan terusan Suez. Dimensi ukurannya memang luar biasa besar. Karena kendala seperti itulah oleh pemiliknya sekarang (First Olsen Tankers) hanya digunakan sebagai floating Storage.

knock nevis (oil tanker)

-Kapal Tanker Bahan Kimia (Chemical Tanker)

Kapal Tanker Bahan Kimia adalah sejenis kapal tanker yang berfungsi untuk mengangkut bahan kimia. Populasi kapal jenis ini bisa dikatakan jarang.

chemical tanker

-Kapal Tanker LPG (LPG Tanker)

Kapal Tanker LPG adalah salah satu kapal tanker gas yang difungsikan untuk membawa LPG (Liquefied Petroleum Gas). Hampir seluruh dunia mempunyai jenis kapal tanker ini.

PT Pertamina Persero telah membeli kapal yang dibuat di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. Ltd, Ulsan, Korea Selatan, ini memiliki panjang tercatat 226 meter dan kedalaman mencapai 22,3 meter serta lebarnya mencapai 36,6 meter. kapal ini adalah kapal LPG terbesar di dunia bernama Pertamina Gas 2 untuk mengangkut gas jenis propan dan butan. So, jangan bilang Indonesia nggak mampu membeli kapal tanker besar.

pertamina gas 2 (lpg tanker)

-Kapal Tanker LNG (LNG Tanker)

Kapal Tanker LNG adalah salah satu kapal tanker gas yang difungsikan untuk membawa LNG (Liquefied Natural Gas). Kapal ini tidak jauh berbeda dengan kapal tanker LPG karena sama-sama kapal tanker pengangkut gas.

Kapal Tanker LNG terbesar bernama Q-Max. Nama Q-Max diambil dari “Q” adalah singkatan dari Qatar dan “Max” untuk ukuran maksimum kapal yang dapat berlabuh di terminal LNG di Qatar. Ukurannya adalah 345 m, sama dengan kapal samudra Queen Mary 2.

Q-Max (lng tanker)

-Kapal Pengangkut Barang Curah (Bulk Carrier)

Kapal Pengangkut Barang Curah merupakan kapal barang yang berfungsi untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara, semen, biji-bijian, bijih logam, dan sebagainya di dalam sel-sel/rongga-rongga kargo yang terpisah.

Kapal Valemax adalah kapal pembawa bijih yang sangat besar (VLOC) yang dimiliki atau disewa oleh perusahaan tambang Brasil Vale SA untuk membawa bijih besi dari Brasil ke pelabuhan Eropa dan Asia dengan kapasitas mulai dari 380.000 ton sampai 400.000 ton bobot mati. Kapal Valemax adalah kapal barang curah terbesar yang pernah dibangun dan satu di antara kapal-kapal terpanjang dari setiap jenis saat ini yang masih beroperasi.

valemax (bulk carrier)

-Kapal Pengangkut Mobil (Car Carrier)

Kapal Pengangkut Mobil/Ro-Ro merupakan kapal besar yang bertugas membawa kendaraan baru melalui transportasi air. Awas sob, meskipun mengangkut mobil, kapal ini berbeda halnya dengan ferry. Ferry bertugas menyebrangkan kendaraan bersama pemiliknya langsung dari suatu pulau ke pulau lainnya akibat tidak adanya jembatan penyebrangan, sedangkan kapal Ro-Ro bertugas menyalurkan kendaraan baru secara massal yang dipesan langsung dari produsen kepada konsumennya. Istilah Ro-Ro adalah Roll-On-Roll-Off untuk mengangkut kendaraan sedangkan istilah Lo-Lo adalah Lift-On/Lift-Off untuk angkutan barang yang harus diangkat menggunakan derek/crane.

Mark V Class memiliki empat kapal Ro-Ro dibangun untuk perusahaan pelayaran Norwegia Wilhelmsen dan asosiasi perusahaan Wallenius yang dibangun oleh Jepang oleh perusahaan Mitsubishi. Kapal ini adalah kapal Ro-Ro terbesar saat ini yang beroperasi dengan kapasitas kargo sebesar 138.000 meter kubik.

mark v (car carrier)

-Kapal Pengangkut Barang Berat (Heavy Lift Cargo Transporter)

Kapal Pengangkut Barang Berat merupakan kapal yang dirancang untuk mengangkut barang yang ukurannya superbesar melebihi ukuran yang semestinya bisa diangkut kapal-kapal pada umumnya. Barang yang dibawa bisa berupa peralatan kilang minyak ataupun kapal besar lainnya. Tempat kargo pada kapal tersebut tidak dibatasi oleh pagar sehingga memungkinkan barang bisa diangkut dari posisi manapun. Untuk mengangkut kapal besar lain seperti kapal pesiar, sebagian badan kapal pengangkut dapat ditenggelamkan (semi-submersible), kemudian kapal pesiar digeser ke atas area yang ditenggelamkan itu. Setelah kapal pesiar sudah berada di posisi yang tepat, kapal pengangkut pun mulai mengapungkan badannya yang tenggelam itu sehingga kapal pesiar bisa terangkat dan siap diantar.

heavy lift cargo transporter

-Kapal Pengangkut Kapal Kecil (Boat/Yatch Transporter)

Kapal pengangkut kapal kecil merupakan kapal pengangkut kapal yang berukuran lebih kecil dalam jumlah yang banyak dalam posisi berbaris dan berbanjar. Pada kapal pengangkut yang satu ini, tempat kargo dibatasi pagar agar muatan tidak jatuh ke laut di mana muatan tersebut ringan dan mudah tergelincir. Mekanisme pengangkutannya pun hampir sama dengan kapal pengangkut barang berat yaitu dengan cara menenggelamkan dirinya (semi-submersible), tetapi muatan (kapal kecil/boat) harus masuk lewat belakang badan kapal sebab bagian samping maupun depan kapal pengangkut dibatasi oleh pagar permanen.

yatch transporter

-Kapal Tongkang/Ponton

Kapal tongkang/ponton merupakan jenis kapal yang mengangkut barang. Kapal ini sebenarnya bukan benar-benar kapal karena tidak mempunyai mesin sendiri (self-propelled), sehingga ia harus digandeng dengan kapal tunda. Tongkang juga bisa disebut sebagai gandengan kapal. Tuh, sob, memangnya truk aja yang gandengan? Kapal juga punya gandengan, sob.

tongkang

3. Kapal Fungsional

Kapal fungsional adalah kapal yang bukan digunakan untuk pengangkutan orang maupun barang melainkan berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas tertentu, seperti kapal untuk pekerjaan proyek, penelitian, de-el-el.

Kapal Tunda (Tug Boat) 

Kapal tunda merupakan kapal kecil yang memanuver kapal dengan mendorong atau menarik mereka. Kapal tunda juga memindahkan kapal yang dalam suatu kondisi tidak bisa bergerak sendiri, seperti kapal-kapal di pelabuhan yang ramai atau di sebuah kanal yang sempit dan juga kapal yang memang tidak bisa bergerak sendiri, seperti tongkang, kapal yang rusak, atau platform minyak. Beberapa kapal tunda berfungsi sebagai pembuka pintu laut pelabuhan atau sebagai kapal penyelamatan. Kapal tunda awal memiliki mesin uap, namun saat ini, mesin diesel yang digunakan. 

tugboat

-Kapal Derek (Crane Ship)

Kapal derek merupakan kapal raksasa yang dilengkapi dengan beberapa derek raksasa pula yang bertugas untuk mengangkat barang berat ataupun membantu pekerjaan konstruksi di lepas pantai. Kapal jenis ini berukuran sangat tinggi sob yang mampu melebihi 100 m.

crane ship

-Kapal Pengebor (Drilling Ship)

Kapal pengebor adalah kapal yang dilengkapi dengan alat pengeboran. Tujuan yang paling sering digunakan adalah untuk eksplorasi pengeboran minyak baru atau sumur gas di perairan dalam atau untuk pengeboran ilmiah.

drilling ship

-Kapal Pengeruk

Kapal pengeruk adalah kapal penggali yang operasinya biasanya dilakukan setidaknya sebagian bawah air, di laut dangkal, atau daerah air tawar dengan tujuan mengumpulkan material dasar. Kegiatan pengerukan itu juga dapat menghasilkan bahan untuk reklamasi atau tujuan lain (biasanya terkait dengan konstruksi). 

pengeruk

 

-Kapal Penangkap Ikan

Kapal penangkap ikan adalah kapal yang dipakai nelayan untuk menangkap ikan di laut, sungai, ataupun danau secara massal. Kapal ini digunakan oleh perusahaan nelayan kaya untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya agar lebih efisien dibandingkan menggunakan perahu kecil. Jumlah ikan yang ditangkap menggunakan jaring besar dalam satu kali berlayar bisa mencapai ribuan ton atau sama dengan persediaan untuk 3 tahun, sob.

fishing ship

-Kapal Penelitian/Riset

Kapal penelitian/riset adalah kapal yang didesain untuk membawa fasilitas penelitian hingga ke tengah lautan. Kapal riset memiliki peruntukannya masing-masing dan peran yang menjadikan kapal riset memiliki beberapa jenis. Kapal riset juga dapat bekerja sama dengan jenis kapal lain, misal kapal pemecah es untuk mengarungi lautan es. Jenis kapal riset khusus oseanografi membawa peralatan yang dapat mengukur karakteristik fisik, kimiawi, dan biologi dari air dan udara di atmosfer serta kondisi iklim di atasnya. Termasuk di dalamnya adalah sonar gema untuk pembacaan hidrografi sederhana.

r v ship

-Kapal Pemecah Es (Ice Breaker)

Kapal pemecah es adalah kapal dengan perlengkapan khusus untuk memecah lapisan es di permukaan air untuk membuka alur pelayaran melalui lapisan es. Untuk kapal pemecah es, membutuhkan tiga sifat utamanya yaitu pelampung diperkuat, bentuk es kering, dan kekuatan untuk mendorong melalui perairan tertutup es. Es juga mampu membocorkan kapal yang tidak diperkuat dengan mudah.

ice breaker

-Kapal Kabel Laut (Cabel Laying Ship)

Kapal kabel laut adalah kapal laut yang dirancang dan digunakan untuk memasang kabel bawah air untuk telekomunikasi, listrik, dan semacamnya. Kabel yang dipasang adalah kabel komunikasi bawah laut yang sangat panjang yang menghubungkan suatu negara ke negara lain, sob.

cable laying ship

-Kapal PSV (Platform Supply Vessel)

Kapal PSV adalah kapal yang dirancang khusus untuk memasok platform minyak lepas pantai. Kapal ini berukutan antara 20 sampai 100 meter panjangnya dan menyelesaikan berbagai tugas. Fungsi utama untuk sebagian besar kapal ini adalah transportasi barang dan personil dari platform minyak lepas pantai dan struktur lepas pantai lainnya.

psv

-Kapal FPSO (Floating Production Storage and Offloading)

Kapal FPSO adalah sebuah kapal jenis sistem tangki mengambang yang digunakan oleh industri minyak lepas pantai dan gas dan dirancang untuk mengambil semua minyak atau gas yang dihasilkan dari platform terdekat, proses penyimpanan, sampai minyak atau gas dapat diturunkan ke kapal tanker atau diangkut melalui pipa.

Calon kapal terbesar di dunia yang merupakan kapal FPSO jenis FLNG (Floating Liquefied Natural Gas) sedang dirakit di lepas pantai Korea Selatan bernama Prelude berukuran panjang 1.601 kaki (488 meter), membuatnya 150 kaki (45,7 meter) lebih panjang daripada Empire State Building. Dimiliki oleh Shell, kapal itu telah mendapat julukan sebagai obyek terbesar yang mengapung. Kapal berwarna merah terang itu memiliki bobot 600 ribu ton dan lebar 243 kaki (74 meter), menurut Wired, pembangunan Prelude yang memiliki tiga mesin berkekuatan 20.100 tenaga kuda membutuhkan satu tahun penuh.

prelude (flng)

-Kapal Pemadam Kebakaran (Fire Fighter)

Kapal pemadam kebakaran adalah kapal khusus yang sering menyerupai kapal tunda, dengan pompa dan nosel yang dirancang untuk memadamkan api pada kapal yang terbakar.

fire fighter

-Kapal Penyelamatan (SAR)

Kapal penyelamatan adalah kapal yang membawa petugas dan peralatan keselamatan yang bertugas menolong korban kecelakaan yang terjadi di laut.

sar

4. Kapal Angkatan Laut (Naval Ship)

Kapal Angkatan Laut adalah kapal-kapal yang digunakan untuk operasi militer laut. Sobat pasti tidak asing juga sama kapal ini. Biasanya yang paling sering diketahui adalah kapal induk, kapal perang, dan kapal selam. Padahal masih ada yang lain, sob.

-Kapal Induk (Aircraft Carrier)

Kapal induk adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan. Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Kapal ini tidak pernah berjalan seorang diri. Ia selalu dikawal kapal-kapal lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.

USS Enterprise (CVN-65), sebelumnya CVA(N)-65, adalah kapal induk yang telah pensiun dari Amerika Serikat. Ia adalah kapal induk pertama bertenaga nuklir di dunia dan kapal kedelapan angkatan laut Amerika Serikat. Seperti pendahulunya ketika Perang Dunia II, ia dijuluki “Big E”. Dengan panjang 1..123 ft (342 m), ia adalah kapal angkatan laut terpanjang di dunia yang masih berdiri. Dengan berat 94.781 t, ia menjadi kapal induk ke-11 terberat, setelah kapal kelas Nimitz sebagai peringkat ke-10. Kapal ini juga memiliki awak sebanyak 4.600 anggota militer.

uss enterprise (aircraft carrier)

-Kapal Perang (Battleship/Battlecruiser)

Kapal perang adalah kapal yang dibangun dan terutama ditujukan untuk pertempuran. Kapal perang biasanya dibangun dengan cara yang sama sekali berbeda dari kapal biasa. Selain sebagai senjata, kapal perang dirancang untuk menahan kerusakan dan biasanya lebih cepat dan lebih lincah dari kapal biasa. Tidak seperti kapal biasa, kapal perang biasanya hanya membawa senjata, amunisi dan pasokan untuk awaknya sendiri. Biasanya kapal perang milik angkatan laut. Kapal perang yang biasa dikenal adalah battleship, padahal ada jenis yang lain, yaitu battlecruiser. Yang membedakan antara  battlecruiser dengan  battleship adalah battlecruiser kurang lengkap perlengkapan senjatanya namun lebih cepat.

battleship

-Kapal Pengisian Bahan Bakar (Replenishment Oiler)

Kapal tangki pengisian adalah kapal angkatan laut tambahan dengan tangki bahan bakar yang dapat mengisi kapal lain sementara berlangsung di laut lepas. Beberapa negara telah menggunakan kapal ini untuk pengisian.

replenishment oiler

-Kapal Pengangkut Helikopter (Helicopter Carrier)

Kapal induk helikopter adalah jenis kapal induk yang tujuan utamanya adalah untuk mengoperasikan helikopter. Penampilannya hampir sama dengan kapal induk pada umumnya hanya saja lebih kecil karena didesain untuk mengangkut helikopter saja.

helicopter carrier

-Kapal Patroli (Patrol Boat)

Kapal patroli adalah kapal angkatan laut yang relatif kecil dan umumnya dirancang untuk tugas-tugas pertahanan pesisir. Ada banyak desain untuk kapal patroli. Mereka dapat dioperasikan oleh angkatan laut suatu negara, penjaga pantai, atau kepolisian. Mereka umumnya ditemukan dalam berbagai peran perlindungan perbatasan, termasuk anti-penyelundupan, anti-pembajakan, patroli perikanan, dan penegakan hukum imigrasi. Mereka juga sering dipanggil untuk berpartisipasi dalam operasi penyelamatan.

patrol boat

-Kapal Penyapu Ranjau (Minesweeper Ship)

Kapal penyapu ranjau adalah kapal perang laut kecil yang dirancang untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh ranjau laut. Kapal penyapu ranjau umumnya mendeteksi kemudian menetralisir ranjau sebelum kegiatan operasi laut lainnya. Kapal penyapu ranjau dengan tujuan dan tugas khususnya mulai dibangun pertama kali selama Perang Dunia I, yaitu dengan munculnya kapal penyapu ranjau kelas Bunga (Flower-class minesweeping sloop).

minesweeper

-Kapal Serbu Amfibi (Amphibious Assault Ship)

Kapal serbu amfibi (juga disebut sebagai pembawa komando atau pembawa serangan amfibi) adalah jenis kapal perang amfibi yang mendukung pasukan darat di wilayah musuh dengan serangan amfibi. Desain belakang kapal dilengkapi dengan gerbang yang dapat dibuka miring ke bawah untuk memungkinkan kendaraan pasukan darat masuk ke dalam kapal.

10901-N-2218S-027

-Kapal Selam (Submarine)

Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar angkatan laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda. Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.

submarine

-Kapal Rumah Sakit (Hospital Ship)

Kapal rumah sakit adalah kapal yang membawa petugas medis dan obat-obatan dalam jumlah yang sangat banyak/massal untuk memeriksa keadaan kesehatan dan mengobati awak-awak militer yang mengalami kecelakaan.

hospital ship

5. Kapal-an

kapalan

:P…

Jadi sobat sudah tahu apa itu kapal. Kapal tidak hanya sesuatu yang bisa ngambang-ngambang di atas air, tapi juga memiliki fungsi tertentu, nggak seperti “sensor“. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca. Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s